Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jajanan Jadul dari Jawa Yang Mengingatkan Masa Kanak-kanak

Negri kita Indonesia sudah tak diragukan dengan kekayaan kuliner, karena memiliki beberapa masakan lokal yang juga disukai masyarakat internasional di Indonesia. Ketika orang-orang makan di Indonesia tidak hanya spaghetti dan makanan asing. Ternyata jajanan jadul asal Jawa tradisional ini juga disukai dan menjadi pilihan, selain murah dan mudah untuk mendapatkan di jalan-jalan.



1. Lumpia



Jika singgah ke Semarang tidak boleh dilupakan untuk membeli makanan ringan tradisional. Lumpia diciptakan dari lapisan sereal yang mengandung sayuran, ayam atau daging hewan laut cincang. Lumpia memiliki dua jenis basah dan kering, perbedaan dalam lapisan luarnya saja.

2. Wajik



Dulu ini salah satu paling populer untuk masyarakat Jawa, terutama selama pernikahan, kusus wajik akan dipilih sebagai Kudapanya menu. Terbuat dari ketan dapur dengan santan dan gula. Sensasi sekali Gigitnya bener-bener Maknyuss deh.

3. Gethuk



Ini jajanan lembut di mulut selain juga mengenyangkan. Gethuk dapat ditemukan di Jawa Tengah sering dijual di Yogyakarta di pasar-pasar tradisional atau di jalan Raya. Terbuat dari singkong yang digiling kemudian dibaur dengan gula dan pewarna.

4. Klepon



Bola hijau berambut putih ini sering dijual di pasar tradisional. Klepon berikutnya ini jajanan yang memiliki formula sensitivitas unyu-unyu tidak adatingkat tinggi. Terbuat dari tepung beras yang kental yang mengandung gula cair, Klepon dijuluki kue volcano Indonesia. sekali menggigit klepon Anda akan kecanduan untuk menggigit lagi, karena sensai meleleh setelah digigit.

5. Arem-Arem



Jajan khas kebumen jawa tengah. Seperti sushi di Jepang, kecuali untuk isi sushi yang memakai daging mentah sementara isi daging arem-arem memakai ayam dimasak dengan sambal. Makanan disajikan dibungkus dengan daun pisang sangat lezat dan terasa panas. Hal ini sangat pas untuk membuat perut terasa kenyang ketika lapar.

6. Carabikang / Coro Bikin 



Tampilan yang terlihat seperti bunga tumbuh dengan warna merah dan diberi mahkota. Kue ini biasanya disajikan sebagai upacara pada pernikahan. Kue ini dibuat dari bahan-bahan tepung dibaur dengan gula dan santan, dan pewarnaan dituangkan dalam cetakan bentuk bunga. Rasa lezat ketika hangat.

7. Cenil



Hampir identik dengan klepon, tetapi bahan cenil utama yang berasal dari Pati dibikin kotak persegi panjang atau kecil. warna-warni beragam yang disertai dengan parutan kelapa siap untuk menggoyang lidah siapa pun memakanya.

8. Jenang



Ih mirip dodol ya? tetapi ketika di amati memiliki tekstur lebih lembut daripada dodol. sangat populer kota kudus dan dapat ditemukan di beberapa daerah wilayah Jawa lainnya. Harga murah dan rasanya manis untuk membuat beberapa Peloncong berbelanja sebagai oleh-oleh.

Kira-kira jajanan favorit mana yang kamu suka?

Posting Komentar

0 Komentar